MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Saturday, May 30, 2009

Tips Mengatasi Kepedesan

Tadi lagi makan nasi goreng, cengeknya kemakaan! Aaaah aku langsung ajah cepet2 ngambil air. Begonyaa, aku salah ambil air! Pas mau ambil air dingin malah ambil air panas! Heuh... Yaudah abis itu langsung campur pake air dingin. Pas aku minum malah makin pedes! Arrrgggh! Tapi abis itu rasa pedasnya langsung ilang dikit. Abis itu aku langsung cepet2 ngambil saos tomat sachet yg aku bawa dari sekolah waktu beli nasi jamur haha. Pas aku makan, rasa pedas itu menghilang. Fiuh, lega akhirnyaa. Dari situ aku simpulkan beberapa tips mengatasi kepedesan berikut ini:

1. Minum air hangat yg banyak
Mungkin kalian pikir untuk menghilangkan rasa pedas, perlu air dingin biar panas di lidah ilang. Padahal itu salaah! Justru air panas yg bakal menetralisir rasa pedes itu. Pedes itu lemak, jadi butuh air panas untuk melarutkan lemak itu. Awalnya kerasa makin pedes, tapi lama2 bakal cepet ilangnya. Makanya airnya jangan terlalu panas.

2. Minum susu hangat
Aku baca di salah satu artikel, zat dalam kandungan susu itu bisa menetralkan asam pedas dan melarutkan kapsaisin (zat yg terkandung dalam urat putih cabai yg membuat cabai terasa pedas). Klo bisa sih susu hangat manis atau coklat atau rasa apapun biar rasa pedesnya cepet ilang.

3. Makan timun
Kata kebanyakan orang timun itu bisa dipake buat menetralisir racun dan asam pedas seperti susu. Tapi gatau juga sih akunya gak pernah nyobain hehe..

4. Makan makanan yg manis
Untuk mengalihkan perhatian lidah pada rasa panas, kalian bisa makan makanan yg manis seperti coklat, gula, kue, atau makanan apa ajah yg rasanya manis. Rasa manis juga bakal bikin kalian lebih tenang dan rileks, jadi rasa pedas itu bakal cepat pudarnya.

5. Makan makanan yg asin
Mungkin ada yg gak suka makanan manis, makanan manis itu bisa diganti dengan makanan asin.

6. Klo gak ada makanan asin atau manis, makanan yg ada sikat ajalah!
Sebetulnya makanan apa ajah bisa untuk menetralisir pedas. Misalnya roti, nasi, kentang, singkong, jagung. Klo bisa makanan itu dikunyah yg lama di bagian lidah yg terasa pedas.

7. Makan gorengan yg lembab
Sama seperti susu, lemak dan minyak dalam gorengan yg lembab bisa melarutkan kapsaisin.

Aku cuman tau segitu. Klo temen2 tau lebih banyak, jangan sungkan silahkan kasih komentar! Saya Ganesha mohon undur diri, Wassalamualaikum Wr. Wb.

14 Testimonials:

hersu on May 31, 2009 at 2:55 PM said...

ada satu tips biar ga kepedesan, yaitu: jangan makan lombok, cabe, merica, kata2 (terutama kata2 pedas)...jamin g kepedesan

AG-Loc / Ananda ganesha on June 3, 2009 at 7:56 PM said...

@hersu: ahahaha iyaiya itu juga bisaa :))

Saungweb on June 5, 2009 at 8:46 PM said...

wah..bagus nih tipsnya.. ijin copas ah.. soalnya aku sering kali ngalami kepedesan...maklum orang sunda ..seneng sambel n lalap.. oh ya.. sekalian aja tukar link atuh..

AG-Loc / Ananda ganesha on June 6, 2009 at 12:19 AM said...

@Saungweb: silahkan :) iyaah, ntar aku mau posting blogroll d sini. dah bosen pake blogroll otomatis hehe :D

eragon on June 13, 2009 at 10:15 PM said...

emang nyengsaraain kalo kepedesan :@
palagi kalo cuaca lagi :f
makanya kalo makan mending pake gula ;;)
dengan perbandingannya 4:1 aja kawan
4 untuk gula 1 untuk bahan pedas :))

AG-Loc / Ananda ganesha on June 13, 2009 at 10:48 PM said...

@eragon: ahahah iyaiya bener tuh hahaa :))

tutur on June 14, 2009 at 8:10 AM said...

Makan-makanan yang membuat perut kita panas...itu bisa diredam dengan memakan mentimun, sebagai lalapan

AG-Loc / Ananda ganesha on June 14, 2009 at 9:17 AM said...

@tutur: iyah itu juga beneer. makasi yaaa :D

Moto Modding on June 14, 2009 at 4:23 PM said...

Tips Yang Mantap dari Sobat Hersu.. hi..hi :))

Hell-o-motto on June 14, 2009 at 5:59 PM said...

hmmmm...enakan makan ikan asin :o

AG-Loc / Ananda ganesha on June 14, 2009 at 7:28 PM said...

@Moto Modding: iyah bener! salut buat sobat hersu ahahahah :))
@Hell-o-motto: iyasih enakan makan ikan asin, pedesnya lgsg hilang :D

Fajar_Bukan on June 18, 2009 at 1:31 PM said...

Boleh ni tips,..........

AG-Loc / Ananda ganesha on June 18, 2009 at 1:38 PM said...

@Fajar_Bukan: makasii :)

setiawan on June 26, 2009 at 2:10 PM said...

Hahah pedes ya Brow....makan ga pedes ga mak nyus.......

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide