MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Saturday, April 25, 2009

Pengetahuan Dasar Karate

Jaman skrg, udah gak jarang lagi yg namanya pemerkosaan, pencurian, penculikan, dan kriminalitas lainnya.. Aku waktu itu lagi iseng browsing berita-berita kriminalitas. Hehehe... aku nemu beberapa artikel dari okezone.com. Ada gadis berumur 14 tahun digilir 4 pemuda, ada gadis yg diperkosa demi telepon seluler/Handphone, bahkan ada yg memerkosa anak kandungnya sendiri! Yang lebih parah, ada juga yg memerkosa nenek-nenek!! Ngeri gak? Naudzubillah... Apa ini artinya kiamat udah dekat? Ya Allah, kenapa di dunia ini harus ada yg namanya kriminal? Apa yg harus kita lakukan untuk menghindar menjadi korban kriminalitas?

Yaitu dengan bela diri. Bela diri merupakan upaya penting untuk menghindari kriminalitas. Misalnya, ada yg mau nyulik kita, kita bisa aja menyerang si pelaku agar terhindar dari penculikan. Salah satu bela diri yg paling diminati adalah karate. Yup, karate mengajarkan kita ilmu bela diri yg berguna bila suatu saat kita sedang dalam keadaan yg gawat (penculikan, pemerkosaan, penyiksaan, perawatan, pemulusan, pemusnahan, pembunuhan, penghancuran, -oke itu mulai berlebihan dan gak nyambung-)

The bottom line is, dengan kita mempelajari ilmu karate, kita bisa membela diri kita agar selamat dari bahaya. Kali ini aku mau kasih tau pengetahuan dasar tentang karate, karena kebetulan juga diriku ini seorang karateka. Yaudah, simak aja berikut ini:

PERSIAPAN

Mempelajari karate-do bukanlah hal yang sulit dan bukan juga hal yang mudah. Dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang memadai. Dalam karate-do tidak dituntut fisik yang prima agar bisa mempelajarinya, begitu pula dengan mental. Fisik dan mental akan terbentuk ketika kita mempelajari karate secara baik dan benar, karena sesungguhnya itulah tujuan karate-do.

Pengenalan dan proses adaptasi fisik dan mental akan terjadi secara alami, karena tehnik karate diciptakan sesuai dengan batas-batas kelenturan tubuh manusia.

Pembentukan mental akan diarahkan melalui filosofi yang terkandung dalam ajaran karate-do, penekanan pada semangat akan sangat bernilai kepada pembentukan kepribadian seorang karateka, didalam jiwa yang penuh semangat tidak ada yang tidak mungkin tercapai, itulah karate-do.


PAKAIAN KARATE

Pakaian karate dalam istilah karate ( jepang ) disebut “DOGI”. Pakaian karate didesign seperti “kimono” ( pakaian tradisional jepang ). Terbuat dari bahan yang beragam yang memiliki kekuatan berbeda pula. Warna dasar pakaian resmi karate adalah putih. Terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu baju dan celana.


CARA MEMAKAI SABUK

Cara memakai sabuk merupakan hal yang tidak boleh dipandang kecil. Penampilan seorang karateka dapat mempresentasikan tingkat penguasaan terhadap ilmu karate yang dia pelajari. Menggunakan sabuk karate dengan baik merupakan tanda bahwa seorang karateka memiliki semangat yang tinggi dan pernghormatan yang tinggi terhadap ilmu karate itu sendiri. Dibawah ini adalah cara memakai sabuk karate yang baik dan benar.

Cara memakai sabuk karate yang benar


SALAM KARATE

Etika dalam bersosialisasi disegala lingkungan adalah mengucapkan salam dengan sesama karateka. Begitu pula dalam karate. Salam merupakan hal yang sangat penting, karena disinilah letak arti filosofi terdalam, kerendahan hati dan semangat untuk terus belajar. Dengan mengucapkan salam berarti kita telah menghormati sesama karateka.Lafal salam karate adalah “OSH”, yang merupakan kependekan dari kata OSHINABU yang berarti pantang menyerah.

Sikap dalam mengucapkan salam adalah sikap siap sempurna dan membungkukkan badan pada saat mengucapkan kata “OSH”.


KOHEI, SENPEI DAN SENSEI

Kohei adalah adik seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih rendah.

Senpei adalah kakak seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih tinggi.

Sensei adalah guru/istruktur, atau yang memiliki tingkat Dan-III keatas.

Di antara ketiga tingkatan ini memiliki hirearki untuk saling menghormati dan mengucapkan salam.


SUMPAH KARATE

Sumpah karate adalah ikrar seorang kakareta ketika dia mempelajari karate. Sumpah karate tidak hanya berlaku ketika diucapkan di Dojo tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.



SUMPAH KARATE

SANGGUP MEMELIHARA KEPRIBADIAN
SANGGUP PATUH PADA KEJUJURAN
SANGGUP MEMPERTINGGI PRESTASI

SANGGUP MENJAGA SOPAN SANTUN

SANGGUP MENGUASAI DIRI



TEMPAT LATIHAN

Tempat Latihan dalam karate disebut “DOJO”, kata ini berasal dari bahasa jepang yang berarti tempat berlatih.


UPACARA KARATE

Sebelum dan sesudah latihan karate dilakukan upacara karate yang dipimpin oleh karateka tingkat tertinggi yang mengikuti latihan pada saat itu. Para karateka membentuk sebuah barisan sesuai dengan tingkatannya. Dimulai dari yang paling tinggi disebelah kiri hingga yang paling rendah disebelah kanan. Sensei/instruktur yang bertugas pada saat itu akan berdiri di depan barisan. Ada dua versi upacara karate ini, ada yang dilakukan berdiri dan yang dilakukan dengan cara duduk. Masing-masing cara digunakan pada kondisi yang berbeda.


TINGKATAN DALAM KARATE

Hierarki Karate merupakan tingkatan pada organisasi karate.



Sabuk Putih Kyu 10-9

Sabuk Kuning Kyu 8-7

Sabuk Hijau Kyu 7-6

Sabuk Biru Kyu 5-4

Sabuk Coklat Kyu 3-1



Shodan Dan I

Nidan Dan II

Sandan Dan III

Yondan Dan IV

Godan Dan V

…….. Dan VI

…….. Dan VII

…….. Dan VIII

…….. Dan IX

…….. Dan X

MOTTO

“ Kekuatan dipergunakan sebagai pilihan terakhir, dimana kemanusiaan dan keadilan tidak dapat mengatasi. Tetapi apabila kepalan dipergunakan dengan bebas tanpa pertimbangan, maka yang melakukan akan kehilangan harga diri dihadapan orang lain”.

By Gichin Funakoshi

KARATE-DO

“Memutuskan siapa yang menang dan siapa yang kalah bukanlah tujuan akhir dari karate-do. Karate-do adalah seni perkasa untuk membina kepribadian melalui latihan, sehingga karateka dapat mengatasi setiap tantangan nyata maupun tidak nyata”.

In case you are wondering, aku tau infonya dari http://inkaiuns.netfirms.com/pengetahuan_dasar_karate.htm

Semoga bermanfaat...

6 Testimonials:

eri-communicator on April 26, 2009 at 1:04 PM said...

saya dulu pernah ikut karate, yang masih ingat simpai atau guru, kemudian cudang suki, cuma itu aja.

eri-communicator on April 26, 2009 at 1:05 PM said...

"jalan-jalan siang dan singgah sebentar utk baca2 :)"

Unun Triwidana on April 26, 2009 at 7:20 PM said...

wedewww karate.. ampuuuuuuuunnnn :((

pram on April 27, 2009 at 7:32 AM said...

ciat.............................x(

AG-Loc / Ananda ganesha on April 29, 2009 at 6:38 PM said...

@eri-communicator: oh gitu yaa :) tapi klo di indonesia guru itu cukup dipanggil akang atau teteh aja. makasih ya udah singgah :)
@Unun Triwidana: baiklah akan saya ampuni :))
@pram: huat, ciatciat! hup! eaaaa! ciaaaatt! x(

Tanam Kebaikan on June 26, 2011 at 2:21 PM said...

Os.

Terimah kasih atas info dasar - dasar karate.

Untung saya ketemu ama artikel ini. Sungguh artikel ini sudah banyak membantu. Cara pasang sabutpun aku mulai memperhatikannya. Padahal kalau saya latihan sabutku acak-acakan. Maklum masih sabut putih. Hihihi...

Sumpah karate
SUMPAH KARATE

SANGGUP MEMELIHARA KEPRIBADIAN
SANGGUP PATUH PADA KEJUJURAN
SANGGUP MEMPERTINGGI PRESTASI

SANGGUP MENJAGA SOPAN SANTUN

SANGGUP MENGUASAI DIRI

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide