MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Thursday, April 23, 2009

Cara Membuat Kotak Komentar Blogger di Bawah Postingan

Kemarin-kemarin, salah satu temen saya ngomong kalo di blog dia yg baru gak bisa kasih komentar. Pas saya cek ke blog dia, rupanya emang gak bisa. Ada tulisan "Post A Comment", tapi pas diklik gak terjadi apa-apa.

Dugaan saya, kode untuk kasih komentarnya ada yg gak beres. Cara untuk membereskannya adalah dengan menambahkan/mengganti kode komentar dengan kode kotak komentar. Yaudah, simak aja caranya berikut ini:


  • Login ke blogger. Buat lebih amannya lagi sih login ke Blogger in Draft, tapi blogger biasa juga bisa kok.

  • Pergilah ke menu Setting/Pengaturan >> Comments/Komentar, ganti "Comment Form Placement" menjadi "Embedded Below Post" atau "Disemat di bawah entri" seperti contoh di bawah ini:

    Cara Membuat Kotak Komentar Blogger di Bawah Postingan

  • Klik "Save Setting/Simpan Pengaturan"



Nah, coba kamu liat dulu di artikel kamu. Udah ada belom kotak komentarnya? Kalo udah ada berarti udah bisa kasih komentar di artikel kamu. Tapi kalo belum ada yaudah saya kasih tau cara ngeadainnya:


  • Pergilah kamu wahai blogger ke menu "Edit HTML" di menu "Layout" atau "Tata Letak

  • Abis itu kamu kasih tanda ceklis ke kotak "Expand Widget Templates"

  • Kamu cari kode di bawah ini:

    <p class='comment-footer'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
    <data:postCommentMsg/></a>
    </p>
    </b:if>


    Biar lebih gampang, tekan ctrl+f trus cari kode yg tebal di atas. Tapi kamu harus teliti, ada lebih dari satu kode <p class='comment-footer'>, cari kode <p class='comment-footer'> yg di bawahnya terdapat kode <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>

  • Ganti kode yg di atas dengan yg ini:

    <p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
    <b:include data='post' name='comment-form'/>
    <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
    <data:postCommentMsg/></a>
    </b:if> </b:if> </p> </b:if>

  • Save templatenya.



Kalo udah dikerjain langkah-langkah di atas, coba kamu cek salah satu artikel di blog kamu. Kalo udah ada kotak komentarnya, berarti kamu udah berhasil. Kalo ada yg gagal atau ada yg mau ditanyain kasih komentar aja yah..

Sekian, semoga bermanfaat...

52 Testimonials:

Anonymous said...

YEAY !!!!!!!!!!!! UDA ADA !
Makasih Pisan :S

Ganesha on April 24, 2009 at 4:53 PM said...

sipsip. sama-sama... :) :D :))

Danu Akbar on May 29, 2009 at 11:53 AM said...

wah bro..
kok gw g bs yah buat comment d bwh posting?

Ganesha on May 29, 2009 at 8:23 PM said...

@Si Blogger Cilik (Danu Akbar): hmm, gatau deeh. emg masalahnya dimanaa? :?

Indahnya Surabaya on June 2, 2009 at 4:38 PM said...

matur nuwun sanget

ojie on June 3, 2009 at 3:23 PM said...

Thanx Ya Informasinya
Ini sangat membantu.....
:)

Akbar Yahya on June 12, 2009 at 10:07 AM said...

Ko di Blog saya ada dua Kota komntar bagi mana cara ya mas supaya
satu kota Komentar Mas cobah Lihat Ini
http://topblogakbar.blogspot.com/2009/06/e-book-wireless.html
Jika sudah dapat code E-mail aku di:akbaryahya@ymail.com

Ganesha on June 12, 2009 at 4:52 PM said...

@Akbar: aduh maaf blog kamu gabisa dibukaa :(( terlalu banyak widget sama scriptnyaa :)) gabaik looh buat naekin page rank ckck

Irfan Gallery on August 19, 2009 at 9:45 PM said...

Bisa bro!

thanks banget bantuan nya ya,,
semoga sukses,,,

salam aku irfan,,,

oa bro, kalo mau buat kya emoticon gtu gi mana y?

blz ke email aku aja y...
f4nz77@gmail.com

vernakular on September 6, 2009 at 5:36 PM said...

kog nga jadi....:$

sidiq on September 14, 2009 at 10:48 PM said...

mas saya kok belum ada

gx ada scriptnya




jadi gimana????

tolong bantuannya!!!

kirimin ke email royality_net@yahoo.co.id

Gharnya on October 10, 2009 at 10:13 PM said...

terima kasih mas, atas bantuannya. sudah jalan lagi.
ternyata template yang saya pakai ngga sempurna.

sekali lagi terima kasih

GOVERMENT UNTAD 2006 on October 12, 2009 at 2:23 PM said...

aku coba g bisa keteraanganya;
Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
Pesan error XML: The element type "b:includable" must be terminated by the matching end-tag "".

aspire blog on October 26, 2009 at 12:12 AM said...

gak bisa

syubandi on October 27, 2009 at 10:51 AM said...

saya sudah coba beberapa kali bikin kotak komentar seperti di blog sobat, tapi gagal trus. coba tolong lihat blog saya, kira2 salah dimana ya trims

Arnia Putri Pratama on December 1, 2009 at 4:23 PM said...

ttp g bs...
gmn dun..

Anonymous said...

:Ba:

Mang Udin on December 31, 2009 at 4:50 PM said...

kok ga bisa boss.. padahal ane pake template blogger asli

Wahidflash on February 10, 2010 at 11:25 AM said...

aloo...salam kenal nich!!!

saya pendatang baru nich...dan kebetulan saya juga baru dibidang blog-blogan, karena itu butuh pengujung nih dan tidak lupa saran2nya.

nah permasalahannya saya yach seperti yang diposting ini, namun saya udah nyoba namun ngga ketemu tuch, kira2 bisa bantu ngga nich..

terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Lutfi on February 14, 2010 at 9:46 PM said...

Sip brow ..... makasih atas caranya

Amarsitus Blog's on February 16, 2010 at 12:59 PM said...

Thank ...atas infonya

Unknown on February 21, 2010 at 11:04 AM said...

mas kq bs???:EE:

Andik on March 29, 2010 at 11:13 PM said...

setelah coba dan tes akhirnya bisa juga,biarpun agak mumet(pusing), maaf baru bbelajar ngeBLOG,...trims tutorialnya+salam kenal

Thomas Zianekaze on April 14, 2010 at 12:28 PM said...

ga ada ju..

Unknown on May 30, 2010 at 8:44 AM said...

trims infonya tak cobain yach. di blog saya
belajar NgeBlog

Unknown on May 30, 2010 at 8:52 AM said...

trims atas tutorialnya dah tak coba dan berhasil
salam kenal belajar NgeBlog

MAKTABATUL ISLAM on June 13, 2010 at 12:40 AM said...
This comment has been removed by the author.
Koko Bota on July 17, 2010 at 7:08 PM said...

mantap infonya kang......salam knl ya...jgn lupa mmapir balik..klo blh kita follow kalo mau hehhehe..:)

waspbook on July 25, 2010 at 12:44 AM said...

saya pakai perancang template terbaru blogspot. Dan kayaknya kode ini ndak berhasil.Ada trik lain ? btw,thx.

Dicky on October 26, 2010 at 4:39 PM said...

mantp...
:))

Info Kita1978 on November 24, 2010 at 1:22 AM said...

wah gimana nech bos, udah di copas tapi hasilnya tetap seperti pas waktu belum di-edit, tolongin dong bos. trims.

Ummi Alief on December 4, 2010 at 11:45 PM said...

ah...lagi2 sukses tks ya..

Anonymous said...

mantap

Vampire Inside on March 5, 2011 at 2:30 PM said...

gw kok gag bisa ya gan..?
gw cari kode nya tapi ngga ada..??
Mohon Pencerahannya gan..

Dark Ninja on March 17, 2011 at 1:23 PM said...

thx gan ..
udh bsa gw

nuel on April 23, 2011 at 9:37 AM said...

tolong bagai mana cara membuat post a comment

BLOG YUNUS on April 26, 2011 at 8:57 PM said...

gx ada p[erubahan

ionlinerz on April 29, 2011 at 6:14 AM said...

mangstab gan..
numpang tenar ya..

http://www.ionlinerz.co.cc

Sanad Online on May 25, 2011 at 10:40 PM said...

ni artikel yg ku cri,, mantap.. tpi tiap x ku buat gk bsa.... bleh mnta tlong buat kotak komentar d blog aku gk? klo bleh ksh tau aku d e-mail "ukicoker@gmail.com" ok..

angguna on May 31, 2011 at 10:02 AM said...

tetep gak biza gan..

somuch baskoro on June 5, 2011 at 3:06 PM said...

tess... hehe

arifqhi_blog on June 8, 2011 at 12:51 PM said...

mas bagaimana sih kita membuat kotak komentarnya tolong ajardong please!!!

Mas Ricky on June 9, 2011 at 1:28 AM said...

makasih makasih makasih... mantap brow.. akirnya kotak commentku muncul jg...

admin.yudhacomb on June 9, 2011 at 4:34 PM said...

ckckck numpang koment....folow my blog donk di www.yudhacomb.blogspot.com

mariana said...

gimana si coment di blog..

Sonia Yusmar on December 18, 2011 at 7:03 PM said...

yes.. berhasil gan!
makasih infonya!
kunjungi juga blog saya yh..
http://soniazen.blogspot.com

Tiyo Harwin on January 14, 2012 at 11:40 AM said...

makasih gan infonya ..
salam kenal ..
jika ada waktu luang singgah ke blog saya ..
coment and follow ..
http://peluru-tajam.blogspot.com/

DeeJayHan-Blog on January 20, 2012 at 1:47 AM said...

izin simak :)

Kartika Dewi on January 21, 2012 at 11:52 PM said...

Makasih buat infonya mas. keren2

Unknown on January 28, 2012 at 10:01 PM said...

COBA2 LAH

keluarga ale on January 31, 2012 at 4:26 PM said...

gagal gan :(

design bangun rumah on February 17, 2012 at 8:41 PM said...

bos punya q ko ga da

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide