MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Wednesday, March 25, 2009

Self-talk?? Bukan Berarti Kamu Gila!!!!

Kalian tentu udah tau khan apa arti dari Self-talk?? Dari namanya aja udah ketauan klo arti dari Self-talk adalah berbicara sendiri menurut bahasa..

Kamu suka ngomong sendiri gak...? Gapapa, ngaku aja, itu bukan hal yang memalukan menurut aku.. Gak semua orang yang suka berbicara sendiri itu gila..

Self-talk atau monolog terjadi bukan cuman di kalangan anak-anak aja, melainkan terjadi juga pada orang dewasa...

Berbicara sendiri bisa aja kita lakukan di kamar mandi, kamar tidur, dan di tempat-tempat sepi lainnya..

Pernahkan terlintas di benak anda?? Bahwa berbicara sendiri itu dapat menambah daya ingat, kreatifitas, dan mengurangi rasa gugup...


"Semua perilaku kita sebenarnya merupakan hasil dari self-talk yang sudah dilatih, terus diulang, dan akhirnya menjadi shortcut ketika kita bertindak." kata seorang psikolog bernama Toge Aprilianto..


Berikut adalah kegunaan self-talk:

1. Penyaluran Emosi

Saat kamu sedang marah, kesal, atau perasaan lainnya, biasanya seakan-akan ada percakapan di dalam diri kita. Misalnya, ketika kamu sedang memutuskan akan marah atau tidak, dan kamu memilih untuk tidak marah, biasanya hal itu akan ngebuat kamu jengkel.. Nah, jangan sungkan untuk ngedumel atau menggerutu.. Tapi jangan sampai aktifitas ngedumel itu malah membuat kita tambah jengkel... Mungkin lebih baik kamu mengatakan: "Sialan tuh orang, berani banget dia ngatain gua domba?? Dasar lumba-lumba (atau dengan makian lainnya)!!" But, jangan sampai gerutuan kita terdengar oleh orang lain, bisa-bisa jadi berabe ntar..

2. Alat Bantu Untuk Mengambil Keputusan

Siapapun pasti pernah merasakan sesuatu yang namanya: B I N G U N G !
Nah, self-talk inilah yang nantinya akan membantu kita mengambil keputusan, meskipun terkadang bukan keputusan yang tepat.. Misalnya kamu mau nonton di bioskop, atau memilih baju yang akan dibeli, atau memilih makanan yang mau kamu makan, kamu bisa mendiskusikannya bersama diri sendiri untuk mendapatkan keputusan yang -setidaknya menurut kita- bagus..

3. Mengenal dan Menerima Diri Sendiri

Self-talk akan membuat kita lebih dekat dengan diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan kita akan keluar, mau itu kelakuan buruk ataupun baik.. Dengan berbicara sendiri, kita akan merasakan bagaimana apabila kita mendapat perlakuan yang kita berikan sendiri, maksudnya, kita yang berbicara sekaligus kita yang menilai.. Misalnya, saat orang lain yang tiba-tiba kesal pada kita, kita dapat melakukan self-talk untuk mengetahui apa penyebab dia kesal kepada kita?? Kemudian kamu bisa mengetahuinya klo dia gak suka klo kita begitukan..

4. Berinteraksi Dengan Orang Lain

Kita sebagai makhluk sosial tentu aja perlu berinteraksi dengan orang lain.. Namun, jangan sampai dengan kita berinteraksi, malah membuat orang lain menjadi tersinggung.. Self-talk membuat kita berpikir, misalnya: "Reaksi dia gimana yaa klo aku ngomong kayak gini??" atau "Dia bakal marah gak yaa klo aku ngomong gini??" dan lain-lain.. Sehingga, kita dapat berlatih dulu dengan diri sendiri sebelum kita memulai berinteraksi dengan orang lain...

5. Mengembangkan Diri

Kita dapat mengembangkan diri kita dengan melakukan self-talk, caranya yaitu dengan intropeksi.. Misalnya, kamu melakukan suatu kesalahan ke orang lain tapi kamu gak tau apa kesalahan kamu.. Trus kamu bisa melakukan self-talk dan akhirnya sadar akan kesalahan kamu dan memperbaikinya.. Atau bisa juga dengan mengatakan kalimat mutiara seperti:


"Kebiasaan menyalahkan orang lain membuat kita tidak bisa melihat kesalahan diri sendiri diri sendiri."


Kalimat ini akan membuat kita berpikir dalam hati dan membawa kecerahan serta membuat diri kita semakin berkembang..

Nah, gimana?? Udah gak takut ngomong sendiri lagi khan...?? Udah terbukti klo self-talk itu banyak kegunaannya dan dapat membuat pergaulan sehari-hari menjadi lebih baik dan indah..

2 Testimonials:

BlaGaBloGer on March 26, 2009 at 1:01 PM said...

Iya, bener banget...
saya juga pernah self-talk...
itu malah membantu kita....

AG-Loc / Ananda ganesha on March 26, 2009 at 5:48 PM said...

@Deta: iya... tapi jangan sampai ada orang lain liat.. kita ntar malah dikira gila.. soalnya belum tentu orang yang ngepergok kita lagi self-talk itu tau kegunaan self-talk.. :) :)
dan untuk yang gak punya temen kayak aku bisa aja self-talk biar gak kesepian... :D

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide