MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Saturday, November 27, 2010

Positif itu indah :)

Sumpah, saya nyesel banget udah nyia-nyiain semua kesempatan yang dateng ke saya beberapa hari ini. Saya punya kesempatan buat ngecegah semuanya biar ga berakhir kayak gini, tapi begonya saya tetep aja ngelakuin hal yang sebaliknya, saya malah nambah masalah baru dan saya hampir kehilangan semua yang paling penting dalam hidup saya. Emang, penyesalan itu selalu dateng paling akhir, dan ga ada yang bisa kita lakuin sama sekali buat ngerubahnya. Kita cuman bisa mengalami, gimana rasanya hati kita hancur ngebayangin gimana hal buruk bisa menimpa kita, dan sadar kalo kita masih bisa mencegah semua ini kalo aja kita ngelakuin pilihan yang tepat di masa lalu. Dan yang lebih parahnya lagi, kalo sampai pilihan yang kita buat sampai jadi penyebab orang-orang yang penting dalam hidup kita jadi semakin ngejauh, ngejauh, ngejauh, dan pada akhirnya sampai mereka bener-bener meninggalkan kita dan kita ga punya siapa-siapa lagi untuk nyembuhin mood kita yang ancur. Hati saya bener-bener sesek, saya nyesel udah ngebiarin prospek saya diambil orang lain, saya nyesel udah pernah bikin seseorang yang saya sayang nangis karena perlakuan saya, saya nyesel udah ngenyia-nyiain kepercayaan yang orang lain kasih ke saya. Saya nyesel ga bisa nyampein amanah dengan sebaik-baiknya. Semuanya kayak yang udah berakhir bagi saya. Saya udah kehilangan keinginan untuk hidup...

Tapi saya bersyukur, saya masih inget beberapa nasihat yang pernah saya terima semasa hidup saya. Salah satunya adalah bahwa setiap pilihan yang kita ambil, apapun itu, dan apapun sebab yang diakibatkannya, pasti selalu mengandung sisi baik untuk hidup kita ke depannya. Bahwa sebetulnya ga ada yang perlu kita sesalin di dunia ini, seburuk apapun kita pikir kita telah salah dalam membuat pilihan tersebut. Karena akan ada sisi positif yang menguntungkan kita dalam pilihan kita, meskipun dalam bentuk apapun yang ga pernah kita bayangkan sebelumnya. Bahwa kita masih bisa belajar dari tiap-tiap pilihan yang kita anggep salah, sehingga bisa membuat diri kita lebih berpengalaman dan lebih bijak dalam membuat keputusan. Orang yang gagal, adalah orang yang selalu menjadikan kondisi hidupnya sebagai alasan kenapa mereka ga bisa berhasil, dan orang berhasil selalu memanfaatkan kondisi hidupnya sebagai alasan mengapa mereka yakin dapat sukses. Contohnya aja ya, seorang pebisnis ingin melihat seberapa jauh bisnisnya dapat berkembang 5 tahun mendatang, dan dia punya dua pilihan. Dia bisa memilih untuk sebisa mungkin menghindari kesalahan, atau dia bisa ambil resiko untuk mendapatkan perkembangan yang pesat terhadap bisnisnya. Kalo dia ambil keputusan untuk mengambil resiko, jika berhasil, bisnisnya akan jauh berkembang pesat, jika gagal, dia bakal kehilangan semua yang dia punya. Nah, di sini juga dia punya 2 pilihan lagi; dia bisa milih untuk menyesal dan berhenti mengulang bisnisnya dari awal, atau dia bisa milih untuk mengembangkan kembali bisnisnya yang suatu saat nanti akan menjadi bisnis yang lebih berkembang 5 tahun mendatang. Dan, kalo dia lebih memilih untuk menghindari kesalahan dan menghindari resiko, bisnisnya ga akan mengalami perkembangan dari 5 tahun sekarang ke 5 tahun mendatang.

Contoh yang lain, saat kita tergabung dalam suatu tim sepakbola dan menjalani sebuah pertandingan, apa bedanya sorakan semangat dari penonton dengan cemoohan dari penonton karena kesalahan yang kita lakukan? Buat saya, keduanya sama saja. Sama-sama berisik. Yang membedakannya adalah dari sudut pandang mana kita menanggapi sorakan tersebut, dan apakah kita akan menjadikannya alasan untuk menyerah atau untuk terus maju?

Di dunia ini ga ada pilihan yang benar atau salah, yang ada hanya anggapan benar atau salah yang berasal dari sudut pandang kita terhadap pilihan yang kita buat. Kita pikir kita melakukan pilihan yang salah, maka kenyataannya memang kita salah, namun bila kita berpikit kalo kita telah melakukan yang benar dan terus maju, maka kita pun memang telah melakukan pilihan yang benar pada akhirnya. Inilah yang saya sebut keadaan dan kekuatan pikiran, bagaimana mindset kita bisa berpengaruh seutuhnya terhadap hidup kita.

Intinya, apapun kesalahan yang kita buat, kita harus berjiwa besar untuk menerimanya dan menjadikannya acuan untuk melakukan hal yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Setelah saya teringat atas nasehat-nasehat tsb, saya juga akhirnya ngebuat keputusan yang saya yakini benar. Saya bakal merubah sikap saya, saya bakal ngejaga kepercayaan yang udah orang lain kasih, dan saya bakal berusaha ngejalanin kehidupan yang lebih baik mulai dari sekarang. Dan yang pasti, saya bakal selalu berpikir positif dalam setiap kesempatan, karena hidup akan selalu jauh lebih indah apabila kita memandangnya dengan hati yang terbuka dan jiwa yang besar :)

3 Testimonials:

arashi kensho on December 31, 2010 at 1:14 AM said...

tetep semangat bos...

Anonymous said...

semngt dech

nia said...

bagus

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide