MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Tuesday, May 11, 2010

Kiat Membeli Game PC Baru

Ngga jarang gamer di Indonesia kita ini suka bosan dengan game yang lagi mereka mainkan saat itu, emang sih solusi yang tepat adalah membeli game baru sesuai dengan selera dan umur kita. Tapi justru ini yang wajib diwaspadai oleh para gamer, karena kalo kita salah info mengenai game yang akan kita beli, justru malah bikin kita menyesal karena game yang kita beli ternyata ngga cocok sama selera. Ngga cuman itu, terkadang salah beli game juga bisa menyebabkan PC kita jadi rusak loh! Hah, ko bisa? Iya, kalo spek yang disyaratkan oleh game ternyata lebih besar dari spek PC kita, ngga jarang PC yang kita pasangin game tsb bakal jadi lambat, ngga beraturan, dan memiliki masalah PC lainnya. Kita tentunya ngga mau dong ya kalo hal itu terjadi sama komputer kesayangan kita? Nah, makanya kita harus teliti game apa yang bakal kita beli. Jangan cuman berpikiran "Wah, ini game kayanya bagus banget nih! Beli ah!" tapi sebagai gamer yang baik dan apik terhadap komputer kita juga kudu mengenali game tsb lebih lanjut sebelum membeli. Karena siapa tahu game yang kita beli ternyata ngga sesuai dengan yang diharapkan. Nah, terus apa aja hal-hal yang wajib diwaspadai pembeli game? Simak yang di bawah ini!

1. System Requirements
System Requirements adalah syarat yang diberikan pembuat game yang biasa dicantumkan di bagian belakang sampul game. Syarat ini berisi spesifikasi minimal komputer yang bisa memainkan game tsb, seperti CPU, VGA, RAM, dan sebagainya. Syarat ini wajib dipenuhi oleh gamer yang akan memainkan game tsb, karena kalo ngga siap-siap aja kecewa karena game yang mereka beli ngga akan berkinerja bagus sesuai yang mereka harapkan. Contoh spesifikasi game bisa kalian liat di bawah ini. Saya ngambil speknya Assassin's Creed II sebagai contoh.

SYSTEM REQUIREMENTS:
* OS: Windows® XP SP2 / SP3 / Vista SP1 / 7 ( 32/64-bit )
* Processor: C2D 2.6 GHz / Athlon 64 X2 6000+ or higher
( DC 3.0 GHz / Athlon 64 X2 3800+ GHz Minimum )
* RAM: 1.5 GB ( 2 GB for Vista / 7 )... See more
* Video Card: 512 MB GF8800GT / ATI HD4700 Shader 3.0
( 256 MB GF 7/8/9/100/200 series, ATI X1950, HD 2000



3000 / 4000 / 5000 series with Shader 3.0 Minimum )
* Sound Card: DirectX 9-compliant sound card
* DirectX Version: DirectX 9.0c or higher
* Free Disk Space: 6.0 GB free
* Peripherals: Windows-compatible keyboard and mouse

Sebagai contoh, spesifikasi komputer kita harus lebih atau seengganya sama dengan spesifikasi minimal yang dijabarkan di atas untuk dapat memainkan game Assassin's Creed II. Tapi dalam beberapa kasus, spek komputer bisa aja lebih kecil dari system requirements minimal, tapi mungkin ngga akan semulus kalo game itu dimainkan di komputer dengan spek yang lebih tinggi. Nah, kalo mau ngebandingin spek game dengan spek komputer kita, kamu bisa cari tau melalui postingan saya di sini. Cara bandinginnya yaitu kalo misalnya CPU kita adalah Intel Core2Duo 2.8ghz, sementara game Assassin's Creed II cuman ngebutuhin CPU dual core yang 2.6ghz, berarti komputer kita udah melebihi spek game tsb. Terus jangan lupa bandingin juga besar RAM yang dibutuhkan game dengan RAM yang kita punya, karena RAM adalah "otak" bagi kebanyakan game PC terbaru, jadi RAM lah yang paling berpengaruh terhadap kinerja komputer saat memainkannya.

2. Gameplay dari game yang akan kita beli
Gameplay adalah video yang menampilkan saat game tsb sedang dimainkan. Dengan ngeliat video ini, kita bisa ngecocokin game tsb dengan selera kita. Biasanya gameplay suka diupload ke tempat penyedia video seperti YouTube, tinggal disearch aja di sana dengan keyword "(Nama game) gameplay". Contoh: Assassin's Creed 2 gameplay. Setelah dicari, ditonton aja tuh videonya, kalo kamu udah ngerasa puas dan ngerasa cocok dengan game tsb, tinggal beli aja di toko game terdekat. Kalo kamu masih ngga ngerti apa itu gameplay, mending liat aja deh salah satu gameplay dari Assassin's Creed 2 di bawah ini.



3. Cek DVD game yang akan dibeli di tempat pembelian
Toko game yang baik biasanya menyediakan seengganya satu atau dua PC untuk pembeli mencoba DVD yang akan dibeli untuk dicek kelengkapan gamenya seperti crack, installer, DirectX, dll. Siapa tau kita beli game dan pas kita coba di rumah ternyata isinya malah kosong, yang rugi kita juga kan?

4. Cari tau pendapat orang lain mengenai game yang akan kamu beli
Di internet udah banyak banget forum-forum dan komunitas gamer yang aktif. Dari situ kamu bisa cari tau apa aja sih seluk beluk dari game yang bakal kamu beli? Kita kan ngga tau bisa aja ternyata game tsb banyak masalah seperti bug, error, dan sebagainya. Jadi kita bisa membatalkan niat kita sebelum membeli, daripada kita main game yang banyak masalah gitu mending ngga usah kan?

3 Testimonials:

newbie on May 13, 2010 at 3:04 AM said...

nice info.,.,. boleh tukeran link??? ditunggu konfirmasi nya.,. thnk b4

Anonymous said...

spek pc ku :
phenom 2 x2
ram 2gb ??
vga asus eah4350 silent 512 mb ??
pixel shader 3.0 ??
mengapa ya setelah menjalankan 30 menit - 1 jam sering error ???? apa yang salah padahal grafik nya sudah saya rubah berbagai bentuk tapi tetap error???

Mirza on July 5, 2010 at 5:35 PM said...

wajib dicoba dg segera..
keren lho..

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide