MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Wednesday, March 03, 2010

Raup Uang dengan Menulis? Bisa Banget!

Menulis adalah suatu kegiatan yang ngebutuhin inspirasi dan pengetahuan kosa-kata yang tinggi. Tanpa semua ilmu yang dibutuhin seperti yang di atas, bakal susah untuk bikin tulisan yang bagus. Apalagi kalo orang tsb ga begitu doyan maen2 di internet. Loh, emang nyambung? Ya pasti nyambung doong. Orang yang terbiasa ngabisin waktunya di dunia maya pasti punya kemampuan menulis lebih tinggi ketimbang mereka yang ga suka. Malah, sebagian pengguna internet milih menulis sebagai hobi yang paling mereka gemari. Kenapa bisa gitu? Hmm di jaman yang udah serba modern gini pasti kalian udah ga asing kan dengan yang namanya blog? Blog itu singkatan dari weblog yang pertama kali dipopulerkan oleh fasilitas penyedia blog yaitu Blogspot. Nah, semenjak saat ini lah orang2 mulai nunjukin kebolehannya dalam berkarya berbentuk suatu tulisan, dan saat itu juga hobi blogging udah mulai mendunia.

Ga cuman sebagai hobi, ngeblog itu bisa juga kita maanfatin sebagai sumber penghasil dolar!! Percaya ga? Hmm enak banget yaa kalo kita bisa dapet duit tambahan dengan ngejalanin hobi kita. Seneng dapet, duit pun dapet. Tapi gimana sih cara2nya biar blog kita bisa ngasilin duit?

Ada program di internet yang bisa ngewujudin hal itu, istilahnya paid to write atau paid to review. Sesuai namanya, kamu bakal dibayar cuman dengan menulis opini yang berhasil dimuat tentang suatu produk, layanan, atau situs tertentu. Malah, kita ga harus punya blog untuk bisa ikut dalam program ini. Kamu bisa aja nulis di blog atau situs milik penyedia layanan. Tapi, ada syaratnya loh! Kamu wajib menguasai bahasa inggris, karena tulisan yang dibolehin cuman bahasa inggris aja. Ngga cuman itu, kalo kamu milih buat nulis review di blog kamu sendiri, blog kamu wajib punya trafik yang besar. Maksudnya, blog kamu tiap harinya minimal kedatengan 10 orang dan merupakan blog yang terbilang "eksis" di kalangan pengguna internet. Semakin banyak pengunjung blog kamu, semakin besar juga peluang kamu biar dapet uang yang lebih banyak!

Tapi kenapa ya mau2nya tuh situs ngebayar review kita?

Karena promosi itu penting banget buat bikin laris produk atau jasa yang dimiliki suatu perusahaan. Kalo banyak orang yang bikin tulisan dan review tentang produk atau jasa tsb, makin besar juga peluang produk atau jasa tsb bisa dikenal. Makanya, banyak pengiklan yang rela bayar banyak untuk sebuah tulisan yang bisa ditulis di blog dan banyak dibaca pengunjung.

Produk yang direview di blog yang bertrafik besar, pastinya punya peluang yang besar pula agar produk tsb makin terkenal.

Seperti yang udah saya sebut tadi, seorang blogger yang pengen blognya dapet duit wajib punya blog berbahasa inggris. Nah, blog itu nantinya bakal dinilai sama layanan yang nyediain paid to write. Kalo udah disetujuin sama pengiklannya, blogger tsb harus nulis review di blognya dan nantinya bakal dibayar oleh pengiklan itu.

Tapi kalo kita ga punya blog gimana dong? Tenang aja, kita masih bisa ikutan program yang ga mengharuskan kepemilikan blog. Salah satunya adalah Daytipper.com. Di situs itu kamu bisa nulis tips2 setelah login dengan bayaran minimal $1 /posting kalo tulisan kamu dimuat.

Alamat2 lain yang bisa kamu daftarin ada banyak loh, berikut adalah daftar2nya:

1. About.com
2. Bloginvesta.com
3. Bloggerwave.com
4. Blogitive.com
5. Blogsvertise.com
6. Blogtoprofit.com
7. Buyblogreviews.com
8. B5media.com
9. CreamAid.com
10. Creative-weblogging.com
11. Digitaljournal.com
12. Helium.com
13. Linkworth.com
14. Loudlaunch.com
15. Mashable.com
16. Payperpost.com
17. Reviewme.com
18. Smorty.com
19. SponsoredReviews.com (yang satu ini nerima tulisan dalam bahasa indonesia looh :D )
20. Squidoo.com
21. Shvoong.com
22. Weblogsinc.com
23. Wordfirm.com
24. 451press.com

dan masih banyak lagi situs2 penyedia paid to write. Langkah2 buat mulai program paid to review bakal saya jelasin kapan2, untuk sekarang coba2 aja sendiri. Semoga bisa bermanfaat! :)

2 Testimonials:

Ridwan on March 6, 2010 at 4:02 PM said...

Thank atas infonya, salam kenal..sangat menarik infonya, ternyata ada jg website yang menyediakan tempat untuk memberikan informasi kemudian kita dbayar,...apakah Daytipper.com ni terbukti membayar tidak ?

AG-Loc / Ananda ganesha on March 6, 2010 at 9:29 PM said...

@ridwan: hmm saya ga begitu tau sih, soalnya saya sendiri ga pernah pake daytipper.com. saya cuman tau kalo di situ nyediain program pay to write aja hehe. btw, makasih udah kasih komentar

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide