MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Tuesday, February 23, 2010

Mass Effect 2, Ketika Sang Komandan Bangkit dari Kematian

mass effect 2
Genre: RPG/Third Person Shooter
System Requirements:
Minimal:
- OS = Windows XP SP3 / Windows Vista SP1 / Windows 7
- Processor = 1.8GHz Intel Core 2 Duo or equivalent AMD CPU
- Memory = 1 GB RAM for Windows XP / 2 GB RAM for Windows Vista and Windows 7
- Hard Drive = 15 GB
- DVD ROM = 1x Speed
- Sound Card = DirectX 9.0c compatible
- Direct X = DirectX 9.0c August 2008 (included)
- Input = Keyboard / Mouse
- Video Card = 256 MB (with Pixel Shader 3.0 support). Supported Chipsets: NVIDIA GeForce 6800 or greater; ATI Radeon X1600 Pro or greater. Please note that NVIDIA GeForce 7300, 8100, 8200, 8300, 8400, and 9300; ATI Radeon HD3200, and HD4350 are below minimum system requirements. Updates to your video and sound card drivers may be required. Intel and S3 video cards are not officially supported in Mass Effect 2.

Recommended
- Windows XP SP3 / Windows Vista SP1 / Windows 7
- 2.6+ GHz Cure 2 Duo Intel or equivalent AMD CPU
- 2 GB RAM
- ATI Radeon HD 2900 XT, NVIDIA GeForce 8800 GT, or better recommended
- 100% DirectX compatible sound card and drivers
- DirectX August 2008



Mass Effect 2 adalah game besutan BioWare yang merupakan sekuel dari game sebelumnya yaitu Mass Effect. Kedua game ini dikategorikan sebagai game third person-shooter campuran RPG. Saat pertama kali kita memainkannya, kita akan diajak menyimak suatu cuplikan sebuah pesawat luar angkasa bernama SR1 Normandy yang diserang oleh kapal luar angkasa yang tidak dikenal. Tak seperti game terdahulunya, pemain akan langsung dapat memainkan sang tokoh utama bernama Shepard tanpa harus mengisi biodata sang komandan seperti nama, kelas, gender, penampilan, dan sebagainya. Lalu seperti apakah wajah tokoh utama yang kita mainkan? Saat pertama kali main, seorang kru akan berlari nyamperin Shepard yang tengah mengenakan helm ketika serangan kapal asing terhadap Normandy dimulai. Sehingga pemain pun tak dapat melihat wajah Shepard sebelum pemain menentukan sendiri ciri2 tokoh utama mereka. Shepard berusaha untuk menyelamatkan semua kru kapal dengan mengiring seluruh kru untuk masuk ke suatu ruangan penyelamat yang akan memisahkan diri dari kapal dan mengantarkan mereka ke tempat aman dengan cepat. Kru yang akan menghampiri Shepard ialah Ashley Williams, Liara T'Soni, atau Kaidan tergantung gender dan "romance interest" pada game sebelumnya (Mass Effect 1). Siapapun yang akan menghampiri Shepard, ia akan memberitahu Shepard bahwa Joker -pilot Normandy yang menderita penyakit sehingga tidak dapat berjalan dengan baik- sepertinya tidak akan meninggalkan Normandy dan akan berusaha menyelamatkan pesawat tersebut. Shepard akan menyuruh krunya untuk masuk ruangan penyelamat, namun kru tersebut menolak dan beralasan akan membantu Shepard mengevakuasi seluruh kru kapal. Dengan sedikit perdebatan, kru tersebut pun akhirnya mau mengevakuasi diri. Setelah itu, Shepard akan berjalan menuju kokpit dimana Joker berada. Saat menemui Joker, Shepard akan membujuk Joker untuk menyelamatkan diri dan membantunya berjalan menuju escape pod. Joker dan kru lainnya selamat, namun saat Shepard akan memasuki escape pod, Shepard terlempar jauh ke belakang dan escape pod tersebut pun terlanjur meluncur. Shepard mati kehabisan nafas dan terjatuh ke planet dekat situ. Ga lama kemudian, akan muncul suatu gambaran proses penghidupan Shepard. Di sini lah teman2 bisa ngasih identitas dan penampilan Shepard sesuai yang kalian mau.


Shepard dihidupkan kembali oleh The Lazarus Project yang dibiayai oleh Cerberus. Cerberus adalah suatu organisasi yang banyak memiliki masa lalu yang buruk, sehingga ga banyak orang yang percaya sama organisasi yang satu ini. Saat Shepard bangun setelah kematiannya, pertama kali yang dia liat adalah Miranda, anggota Cerberus. Ditemani oleh Wilson yang membuat Shepard tetap hidup saat dia mulai sekarat. Lalu beberapa waktu kemudian, Shepard dibangunkan oleh Miranda melalui mic, memberitahu Shepard bahwa tempat ini sedang diserang. Di sini lah petualangan Shepard dimulai kembali, mulai dari bertemu kru2 baru seperti Jacob (salah satu anggota Cerberus), Garrus (yang sekarang dikenal sebagai Archangel), Tali vas Normandy (anggota lama kru Shepard), Samara, Jack, Legion (salah satu geth), dan sebagainya.

Beragamnya pilihan sosialisasi
Seperti game terdahulunya, Shepard akan dihadiri dengan persoalan2 yang harus membuat Shepard membuat suatu pilihan yang mungkin nantinya akan berpengaruh terhadap jalan cerita. Tiap pilihan dan perkataan yang dia lakukan, bakal nunjukin sifat Shepard yang sadis atau budiman. Misalnya kalo Shepard milih perkataan yang santun, dia bakal dapet Paragon point yang berfungsi untuk membuka pilihan kalimat baru berupa rayuan atau bujukan untuk konversasi2 selanjutnya. Sebaliknya, bila Shepard memilih kata2 yang kejam dia akan mendapatkan Renegade point yang berfungsi membuka kalimat baru di konversasi berikut berupa hinaan, sindiran, dan kata2 buruk lainnya. Shepard juga bisa berbuat kelakuan2 yang bakal nambahin Paragon atau Renegade point, seperti misalnya waktu simbol Paragon muncul dalam suatu konversasi, klik kanan dan Shepard pun bakal ngelakuin sesuatu yang baik seperti ngobatin orang dengan medi-gel, nenangin orang, dan sebagainya. Kalau simbol Renegade yang muncul, klik kiri dan dia pun bakal ngelakuin perbuatan bejat sadis seperti mukul orang, bentak2in orang lain, marah2, dan sebagainya.

Bikin Shepard lebih fashionable!
Selain mengkedepankan unsur sosialisasi, di Mass Effect 2 ini kamu bisa memakaikan Shepard dengan armor2 yang beragam. Mulai dari patternnya, warnanya, helmnya, dan sebagainya. Bahkan, bila kamu punya Downloadable Contentnya Dragon Age yang Blood Dragon Armor, kamu juga bisa tuh pakein armor itu ke Shepard. Temen2 semua juga bisa beli armor di toko2 seprti di Citadel, Illium, dan sebagainya.

Berbagai benda yang dapat diupgrade
Ga cuman itu, di Mass Effect 2 ini kita bisa mengupgrade senjata, Normandy, dan skill kita! Tapi dengan syarat ilmuwan bernama Mordin Solus udah join ke dalam kru kita. Mulai dari piercing-ammo, recoil reduce, sampai ngedapetin Heavy Weapon (senjata yang terbatas pelurunya yang bisa ngebunuh lawan dengan gampang) yang baru.

Buat tim kamu percaya!
Banyak banget kru yang bisa kamu recuit, tapi ga semua dari mereka yang dengan mudahnya percaya dan rela ngorbanin nyawanya buat kamu. Makanya di Mass Effect 2 ini, kamu bisa ngejalin hubungan dengan anggota tim kamu dengan cara ngobrol2 sama mereka dan ngebantuin mereka menyelesaikan misi yang berkaitan tentang masa lalu mereka. Dengan membangun 'loyalty' dari tim kamu, masing2 karakter bakal dapet satu kostum tambahan.

Bersiap2 untuk misi bunuh diri
Kedua hal di atas yaitu memperoleh loyality dan upgrade sangat berpengaruh memnentukan hidup matinya Shepard saat misi terakhir, yakni misi bunuh diri (suicide mission). Kalo kamu ga upgrade pertahanan dan senjata Normandy, minimal satu orang di kru kamu bakal mati entah dia udah memiliki kepercayaan ke kamu atau ngga. Tapi mereka bisa hidup kalo kamu udah upgrade Normandy dengan baik. Selain itu, kamu harus milih orang yang tepat sesuai dengan keahlian mereka masing2. Contohnya kamu wajib milih salah satu anggota kru kamu untuk ngebuka pintu masuk menuju sarang Colector yang membutuhkan orang dengan kemampuan tech yang tinggi, lalu kamu juga harus milih salah satu kru untuk memimpin second team, dan sebagainya. Pemilihan kru yang salah dan tidak sesuai keahliannya bakal menyebabkan kru tersebut mati dalam menyelesaikan misi, dan kalo semua kru mati ga akan ada yang bantuin Shepard naik ke Normandy yang bakal bikin Shepard mati. Dan jangan lupa, walopun kamu pilih kru yang sesuai untuk jalanin misi kamu, orang itu pun bisa aja mati kalo kamu blum ngedapetin kepercayaan dari mereka. Ini lah pentingnya menjalin hubungan dengan kru seperti yang udah aku ceritain di atas. Kalo kamu berhasil menjaga semua kru kamu tetap hidup, kamu bakal dapet achievment bernama "No one gets left behind!"

Lanjutkan petualangan sang komandan!
Kalo kamu masih nyimpen data save-an Mass Effect 1, kamu bisa import save-an tersebut. Pilihan yang kamu buat di Mass Effect 1 bakal berpengaruh dalam menjalani misi2 di Mass Effect 2. Misalnya aja, kalo Wrex bertahan hidup di Mass Effect 1, dia bakal jadi pimpinan clan krogan di Mass Effect 2. Tapi kalo dia mati, dia ga akan jadi pimpinan clan dan bakal digantikan oleh orang lain. Dan juga kalo kamu jalanin misi2 sampingan di Mass Effect 1, banyak orang yang bakal berterima kasih dengan cara mengirimi Shepard e-mail di Mass Effect 2. Berbagai pilihan Mass Effect 2 juga bakal mempengaruhi jalan cerita Mass Effect 3 yang bakal dirilis taun depan nanti.


Kesimpulan:
Game ini cocok buat kamu2 yang suka game tembak2an dan RPG. Berbagai pilihan dan cerita yang beragam bikin game ini rame banget dan ga akan bosen maenin game ini berulang2. Aku aja ini udah 5 kali tamat hehehe. Pemain juga bisa coba2 tamatin game ini dengan mengikuti jalan Renegade (dengan kasar) atau bisa juga dengan Paragon (dengan damai) yang bakal bikin Shepard menunjukkan beragam ekspresi dalam pilihan sikap masing2.


(+)

  • Berbagai pilihan yang tersedia dapat mempengaruhi jalan cerita sehingga tidak akan membuat pemain jenuh walau dimainkan berulang2

  • Cara game ini menentukan penampilan Shepard lebih pas dan unik dibandingkan dengan gamenya terdahulu.

  • Karakter yang dipilih pemain sebagai kekasih di Mass Effect 1 akan berlanjut keromatisannya di Mass Effect 2.

  • Pertarungan di game ini lebih menarik dibandingkan game sebelumnya

  • Dapat mengimpor save game Mass Effect 1 sehingga pemain seakan2 melanjutkan permainan yang sudah diselesaikannya



(-)

  • Soundtrack yang digunakan kurang beragam dan menarik

  • Performa game ini lumayan lemah apalagi di komputer2 lawas

  • Masih terdapat berbagai kesalahan penulisan subtitle

  • Pemain akan kesulitas mengakses Cerberus Network yang berfungsi sebagai tempat mendownload DLC apabila game yang pemain punya adalah bajakan



2 Testimonials:

Anonymous said...

Gimana cara ngelanjutin mass effect 1 ke mass effect 2
apa otomatis

Anonymous said...

gimana bisa mendapatkan game tsb..
klo link downloadnya apaan?

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide