MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Wednesday, July 08, 2009

4 Watak Dasar Manusia

Asik! Posting lagiii! Dah bosen nih kemaren2 posting tentang RAN melulu hehe. Sekali-kali aku mau ngomongin yg laen ahh.. Tadi, aku liat ada yg ikut kuis apaaa gitu. Trus hasilnya adalah "Kamu adalah seorang melankolis" dan dia juga ngekomen apasih artinya melankolis? Kebetulan aku juga gatau dan penasaran. Akhirnya makhluk tolol inipun melakukan research geje sampe ketemu semua watak2 dasar manusia selain melankoli itu.


Kita pastinya ngasih perlakuan yg berbeda dengan situasi2 yg berbeda juga. Misalnya sebagai pemimpin, kita kudu tau cara 'membakar' motivasi para pegawai. Sebagai seorang ibu, kita pusing 7 keliling atas watak anak2 kita yg keras kepala. Gak jarang jugaa, kita kudu bertengkar dengan istri atau suami yg kita cintai bahkan hanya dengan masalah yg kita anggap sepele. Apa mungkin ada 'zat kimita' dalam diri kita yg mempengaruhi sikap, sifat, dan reaksi kita dalam menghadapi berbagai situasi?

Florence Litteur, penulis buku terlaris “Personality Plus” menguraikan ada empat pola watak dasar manusia. Klo ajah semuanya dah kita pahami, pastinya kita bisa ngerti dengan mudah kenapa pegawai dengan mudahnya bikin janji semudah dia melupakannya dengan berkata "Oh iyaa maaf saya lupaa HAHAHA". Kita juga bisa ngerti kenapa istri atau suami kita gak mau denger penjelasan kita, gak mau ngertiin kita, gak mau kalah, selalu ajah ngerasa dirinya yg paling beneer. Berikut ini 4 pola watak dasar manusia:

1. Sanguinis, The Popular One
Mereka tuh orangnya pengen disenengin banyak orang, pengen populer. Hidupnya bener2 bahagia penuh warna-warni. Gejolak emosinya bergelombang dan penasaran. Waktu dia teriak2 kegirangan, semenit kemudian dia bisa nangis tersedu-sedu. Orang2 sanguinis ini pelupa, susah konsentrasi, gak pernah berpikiran panjang, hidupnya bener2 gak teratur. Klo misalnya kamu ngeliat ada pegawai yg mejanya berantakan, bisa jadi dia orangnya sanginis. Dia juga biasanya gabisa disiplin tentang waktu. Klo dia disuruh sesuatu, pasti dia cepet banget ngeiyahinnya. Seakan-akan dia emang bener bakalan ngelakuin hal itu, tapi percaya deeh, dia gak bakal ngelakuin apa2!

2. Melankolis, The Perfect One
Nah, yg satu ini bener2 beda sama yg tipe pertama. Melankolis cenderung serba rapi, teratur, terjadwal, sesuai rencana, tersusun sesuai pola. Umumnyaa, mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Klo sanguinis itu mendominasi pembicaraan, maka melankolis cenderung lebih mendengarkan, mempertimbangkan, menganalisa, memperkirakan, dan klo melankolis ngomong, pastinya yg dia omongin udah dipikir mateng2 dan gak bakalan 'bullshit'. Jadi, jangan heran klo sodara kamu gabisa tidur karena cuman selimut yg nutupin dia blom rapi. Atau jangan heran kenapa temen kamu gabisa belajar di kelas cuman karena meja dan kursi gak tertata rapi. Jangan heran juga klo istri/suami kamu marah karena baju yg udah disimpen di lemari jadi berantakan. Mereka semua adalah melankolis.

3. Koleris, The Strongest One
Mereka tuh sukanya ngatur2 orang! Suka tunjuk2 dan perintah2 orang. Dia gak mau ada penonton dalam aktifitasnyaa. Bahkan tamu di rumahnya bisa ajah disuruh2 dia. Gara2 sifatnya yg 'bossy', dia jadi jarang punya temen. Orang2 berusaha menghindar biar gak jadi korban pesuruhannya. Tapi sisi baiknyaa, orang2 koleris itu berani. Mereka suka sama yg namanya petualangan dan tantangan. Mereka pun punya pemikiran "Cuman aku yg bisa ngelakuin itu semua dengan sempurnaa!" Karena mereka itu bener2 "goal oriented", kuat, berani, tegas, dan cepat dalam mengerjakan sesuatu. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Gak ada rasa takut sama sekali di dalem diri mereka. Buat mereka, "Nothing impossible!". Sesuatu yg dia pengen atau dia kejar2 pasti bakalan dapet. Soalnya mereka itu orang yg gak mudah putus asa, pantang menyerah, gak gampang ngalah. Jadi hati2 ajah klo kamu punya rival yg koleris hehe.

4. Plegmatis, The Peace Lover
Klo yg ini bener2 beda sama tipe ketiga di atas. Mungkin bisa dibilang kebalikannya. Dia bakal ngelakuin apa ajah yg disuruh sekalipun dia gak suka. Baginyaa, "Peaces is more important than anything in this world!" Klo timbul permasalahan dan konflik, dia selalu cari cara buat mengatasi masalah itu dan mencari solusi yg damai tanpa terjadi permusuhan. Dia rela ngelakuin apa aja yg penting gak ada pertengkaran dan gak ada masalah yg berkepanjangan. Orang2 plegmatis tuh orangnya tiis, diem, kalem, tapi klo lagi memecahkan masalah orangnya menyenangkan. Dia orangnya sabar dan bisa jadi pendengar yg baik. Gak bersemangat. Klo disuruh ngambil keputusan, dia pasti bakalan nunda2. Klo kamu liat tiba2 ada kerumunan orang mengelilingi satu orang yg asik ngomong, orang yg ngerumunin itu pasti plegmatis dan yg asik ngebrol trus itu sanguinis. Kadang2 bisa serba salah berhadapan dengan plegmatis ibarat keledai "kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan". Jadi kudu hati2 dan harus memotivasi pegawai kita yg plegmatis sampe dia termotivasi sendiri oleh dia sendiri.

Sekian untuk info kali ini. Tunggu postingan berikutnya yaaa! Oiya klik di sini klo mau tes personaliti kalian.

4 Testimonials:

Vicena 23 blog on July 10, 2009 at 10:44 AM said...

oo , baru taw saya ..

Ghustie Samosir on July 10, 2009 at 12:17 PM said...

Wah pengen posting tentang ini, dah keduluan hehhehehe
Saya termasuk melankolis nich, tapi karna perubahan lingkungan, jadi agak campur2 dech, ada plegmatis nya juga, cuman masih dominan melankolis sich :)
makasih infonya sob :)

kuzkuz on July 14, 2009 at 8:22 PM said...

hmm... kyknya klu ini 1/2 sangunis n 1/2 melankolis neh... :D

sewa komputer on July 16, 2009 at 9:39 AM said...

Kayanya gua gabungan dari sanguinis, melankolis, kolerik, ama plegmatis..ha..ha

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide