MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Friday, March 13, 2009

Apa yang membuat hujan menjadi kotor?

Sebetulnya, hujan itu bersih. Karena jatuh dari langit. Seharusnya sesuatu yang jatuh dari langit dapat membawa berkah. Tapi kenapa malah membuat orang sakit? Mengapa menjadi begitu kotor? Mengapa dapat menyebabkan banjir dan bencana alam lainnya? Dan apa pula yang membuat air hujan menjadi kotor? Tentu saja karena polusi, terutama polusi udara. Hujan yang turun menjadi kotor karena asap pabrik, asap knalpot, bahkan asap rokok. Sampah pun turut ikut serta dalam upaya mengubah hujan menjadi bencana alam. Contohnya, sampah yang dibuang ke laut yang nantinya akan menyebabkan banjir saat hujan turun. Apa yang membuat sampah bisa berada di laut? Tentu saja karena manusia. Kita sebagai manusia yang memiliki rasa berterima kasih harus malu terhadap hal buruk yang pernah kita lakukan. Tuhan memberi kita tempat tinggal yang enak, bersih, dan nyaman, tapi kenapa kita gak bisa memeliharanya dengan baik? Karena di dalam hati kita gak ada rasa memiliki, kalau misalkan kita memiliki laptop, kita akan merawat laptop tersebut agar bersih dan tahan lama karena ada rasa memiliki. Kesimpulannya, masyarakat gak punya kemauan untuk merawat negaranya sendiri. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menumbuhkan rasa bertanggung jawab dan rasa memiliki agar kita senantiasa menjaga dan melestarikan negara Indonesia ini? Yaitu, salah satunya dengan mengadakan semacam lomba hidup bersih. Agar masyarakat tidak membuang sampah dan warga pun menjadi terbiasa dan dapat merasakan betapa enaknya hidup bersih.

Selain buang sampah sembarangan, kita juga harus menghentikan kebiasaan merokok. Karena, asap rokok membuat hujan menjadi kotor dan merusak paru-paru si perokok, mau itu perokok aktif ataupun perokok pasif.

Cuman ada satu hal yang tidak bisa kita atasi, yaitu asap pabrik. Kita membutuhkan pabrik untuk mengolah produk-produk penunjang kehidupan kita, dan tidak mungkin pabrik berjalan apabila tidak menimbulkan pembuangan. Mungkin bisa saja kita atasi dengan tidak mengonsumsi produk-produk yang dihasilkan pabrik, tapi rasanya mustahil karena di era globalisasi ini produk-produk seperti minuman kaleng, makanan instant, dan yang lainnya sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa kita hindari.

Jadi, yang perlu kita lakukan adalah:
1. Hentikan membuang sampah sembarangan
2. Hentikan kebiasaan merokok

Coba bayangkan apa yang akan terjadi apabila semua orang di dunia ini melakukan hal-hal di atas, mungkin saja air hujan tidak akan menjadi kotor, kita pun tidak usah khawatir sakit karena kehujanan. Jadi, tunggu apa lagi? Laksanakanlah hal-hal di atas dan buat bumi kita menjadi bersih dan anti asap rokok!!

(article above is just my opinion.. :z )

0 Testimonials:

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide