MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Sunday, March 07, 2010

6 Alasan Kenapa Komentar di Blog Kita Hanya Sedikit

Ga usah ditanya lagi, semua blogger di dunia pasti suka banget kalo salah satu artikelnya banyak ditanggapi oleh komentar2 positif. Fungsi dari komentar itu sendiri ada macem2, bisa sebagai bukti apresiasi masyarakat atas rasa terima kasih terhadap artikel yang baru saja dibacanya, dan juga berfungsi sebagai pemacu motivasi penulis serta sebagai bahan pembelajaran bagi penulis untuk dapat memperbaiki kesalahan saat menulis pada artikel selanjutnya. Kalo ada pembaca yang merasa dirinya terbantu atau ngerasa artikel yang telah dibacanya itu bagus, menarik, atau bermanfaat, seengganya pembaca tsb pasti bakal kasih komentar berisi ucapan terima kasih, pujian, atau pendapatnya sendiri. Tapi, ada kemungkinan juga si pembaca itu ga kasih komentar walau menurutnya inti dan maksud dari artikel itu sangat bermanfaat. Mengapa? Ada beberapa faktor yang bikin pembaca betah atau ngga berkomentar di artikel yang pembaca sukai, salah satunya mungkin karena cara penulisan yang penulis lakukan tidak berkenan di hati para pembaca. Lalu, mungkin saja karena pembaca memiliki kesulitan dalam menulis atau memberi komentar di blog kamu, dan mungkin masih banyak faktor lainnya. Terkadang kita sebagai penulis juga jarang merhatiin kenapa yang berkomentar di blog saya sedikit  banget? Seringkali juga penulis selalu beranggapan kalo isi dari postingan yang kita tulis itu ga bermanfaat bagi pembaca, padahal justru sebaliknya. Atau mungkin penulis juga sering bertanya2 dalam hati, kenapa sedikit banget yang berkomentar di postingan ini, padahal postingan ini masih sangat “fresh” dan hangat untuk dibacarakan masyarakat baru2 ini. Pasti gamau dong ya hal itu terjadi pada kita semua? Hal itulah yang bakal saya bahas pada postingan kali ini, yaitu beberapa alasan mengapa hanya sedikit pengunjung blog yang memberi komentar.

1. Postingan yang Terlalu Panjang

Jangan salah, postingan yang bagus itu ga selalu postingan yang panjang loh! Sebaliknya, justru pembaca lebih seneng ngebaca postingan yang pendek namun isi, tujuan, dan intinya itu dapet. Pembaca ga suka ngebaca postingan yang banyak kata atau kalimat yang diulang2 atau ada dua kalimat yang hampir sama inti dan maksudnya. Ada dua faktor kenapa postingan kita ga boleh panjang, yaitu:

  • Kebanyakan postingan di beberapa blog itu pendek2
  • Pembaca lagi sibuk dan ga bisa berlama2 membaca blog kita

Kalo emang bener pembaca kebetulan lagi ga ada banyak waktu untuk membaca keseluruhan postingan kita, postingan panjang ga akan bikin kamu memperoleh komentar yang berlimpah. Kalo pembaca terbiasa membaca blog yang postingannya pendek dan langsung membaca tulisan kamu yang panjang, mungkin pembaca tsb bakal sedikit linglung dan pusing.

Beberapa blogger mungkin ada yang ngerasa nyaman dan tetep posting dengan panjang, dan menurut saya sih itu oke2 aja. Asal perlu diinget, postingan kamu mungkin bakal lebih sedikit nerima komentar ketimbang postingan yang ditulis secara singkat.

Jadi, yang perlu kamu lakuin cuman berusaha ngerangkum apa yang udah kamu tulis, menghilangkan beberapa kata yang sekiranya ga perlu, namun isinya masih lengkap dan informatif.

 2. Kamu Tidak Meminta Komentar pada Siapapun

Kadang2 pembaca ga akan kasih komentar kalo mereka ga diminta untuk berkomentar, dan mereka pun seringkali gatau kalo penulis butuh komentar dari mereka. Mungkin juga saat mereka berkomentar, penulis ga kasih respon atas komentar mereka. Sehingga mereka pikir kalo penulis tsb ga terlalu ngehargain atau emang ga butuh komentar dari pembaca. Kalo perlu, coba deh kamu minta komentar di blog2 lain waktu lagi blogwalking. Besar kemungkinannya mereka bakal kasih komentar kalo dipinta, tapi semua tergantung kualitas tulisan juga sih.

Untuk ngatasin hal ini, coba deh kamu himbau pembaca untuk berkomentar. Misalnya, di postingan kamu tulis beberapa pertanyaan yang bikin komentar semangat untuk menjawabnya sehingga mereka pun bakal kasih komentar dengan senang hati. Dan, kalo kamu ngerasa jarang ngebales komentar dari para pembaca, mulailah membalas komentar mereka.

3. Mereka Gatau Harus Berkomentar Apa

Pernah ga kamu ngunjungin blog lain dan ngerasa kalo postingan di blog tsb terlalu jauh, terlalu dalam untuk dapat kita cerna dan kamupun akhirnya bingung apa yang harus kamu komentarin dari postingan tsb. Nah, mungkin juga itulah yang dialami oleh pembaca2 blog kamu. Solusinya yaitu bikin postingan kamu makin aktraktif dan menarik, dan bubuhi sedikit lucu2an biar postingan kamu ga terlalu “garing” sehingga bisa mancing pembaca buat kasih komentar.

4. Mereka Ngelakuin Hal yang Kamu Sarankan

Kalo kamu memposting sesuatu berupa tips yang pembaca butuhin, pasti pembaca tsb bakal ngelakuin hal yang kamu beritahukan. Misalnya, kalo kamu nyantumin link di blog kamu yang merupakan bagian prosedur dari tips yang kamu berikan, bukan ga mungkin pembaca bakal klik link tsb dan ninggalin blog kamu. Dan kadang2 pembaca suka lupa berterimakasih kalo mereka udah berhasil ngelakuin sesuatu dari tips yang kamu berikan ke mereka.

5. Mereka Ngejar Link yang Ada di Postingan Kamu

Seperti yang udah saya sebut2 di atas, kemungkinan pembaca kamu ga kasih komentar di blog kamu adalah mungkin dengan adanya link2 yang mengarah ke situs2 lain sehingga sebelum pembaca sempet kasih komentar di blog kamu, pembaca udah keburu ngunjungin situs lain. Solusinya yaitu dengan membubuhkan atribut target. Maksudnya gimana? Kita tiap kali posting link pasti tagnya berupa kaya gini: <a href=’http://www.dewagajah.co.cc’> Script yang kaya gini kalo diklik pasti bakal seketika membuka situs baru dan blog kamu pun ditinggalkan. Tapi, kalo pake atribut target seperti di bawah ini,

<a target=’_blank’ href=’http://www.dewagajah.co.cc’>

begitu diklik pasti bakal buka tab baru sehingga blog kamu masih tetep kebuka dan masih ada kesempatan bagi pembaca tuk meninggalkan komentar di blog kamu.

6. Pembaca Kesulitan Memberi Komentar di Blog Kamu

Pernah ga kamu ngunjungin blog lain dan saat kamu mau kasih komentar, lalu klik submit, ternyata kita harus masukin CAPTCHA atau kode verifikasi yang berguna untuk ngebuktiin kalo kita bukan robot dan juga untuk menghindari spam. Hal tsb sangat mengganggu pembaca untuk memberi komentar, apalagi kalo ternyata kita udah berkali2 masukin angkanya tapi salah2 terus. Saya sendiri pernah ngunjungin blog temen yang pake CAPTCHA, saya masukin tuh kodenya. Tapi pas mau disubmit, tombol submitnya kaga ada :( Pas aku liat2 postingannya yang lain, emang ga ada satupun postingan yang dikasih komentar.

Solusi untuk ngatasin hal ini lumayan simpel, jangan gunakan CAPTCHA! Dengan begitu, pembaca bakal ngerasa mudah kasih komentar di blog kamu.

Nah, sekarang kamu udah tau kan kenapa komentar yang kita punya dikit banget? Kalo ada yang blum tau, silahkan intropeksi apakah postingan kamu emang kurang menarik untuk dikomentarin, atau terdapat kesulitan di blog kamu untuk diberi komentar, atau masih banyak terdapat link2 yang ga dialokasikan ke tab baru. Dengan kita mengetahui penyebabnya, diharapkan kita bisa menjadi blogger yang lebih baik dan lebih menghargai komentar atau opini orang lain. Semoga bermanfaat! :)

9 Testimonials:

Ocha Cutee on March 7, 2010 at 12:05 PM said...

cara gampang dapat komentar adalah dengan menjadikan blog dofollow, pasti dah minimal sehari tu 20 komentar perhari....

AG-Loc / Ananda ganesha on March 7, 2010 at 12:40 PM said...

@Ocha Cutee: iya sih, tapi kalo buat blog yang pageranknya kecil kan ga terlalu ngaruh sama blog orang lain :|

artiirhamna on March 7, 2010 at 2:18 PM said...

seharusnya sering promosikan artikelnya lewat FB, twitter dan pastinya blogwalking... pasti bisa mencapai 50 komentar...

AG-Loc / Ananda ganesha on March 7, 2010 at 9:46 PM said...

@artiirhamna: betuul, tapi kadang2 saya ga ada waktu buat blogwalking :( makasih yaa udh berkomentar :)

NyieL ^_^ on March 7, 2010 at 10:23 PM said...

1 lagi ni...
klo artikel na pake bahasa asing,
pasti jarang yang koment...

ipwan on March 16, 2010 at 7:27 AM said...

iya-ya bener juga..

nova13 on April 17, 2010 at 2:22 PM said...

kita harus serius ngeblog, jangan sekedar iseng aja.. hehe

jasa onlinestore on April 26, 2010 at 11:32 AM said...

ngeblog bisa dibikin pengetahuan ..... mantap gan

grg on June 23, 2011 at 5:27 PM said...

sep thanks

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide