MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Thursday, February 26, 2009

10 Fitur yang hanya dimiliki Opera Browser

Banyak orang yang beranggapan bahwa Opera itu adalah browser yang inovatif. Hampir mustahil orang bertanya "kenapa?". karena banyak fitur yang tidak dapat ditemukan di browser lain alias hanya terdapat di Opera..

Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Duplicate Tab
Bila kamu sedang melihat sebuah halaman, lalu ingin membacanya nanti dan ingin kembali ke halaman sebelumnya, kamu harus mengkopi url halaman tersebut dan paste di tab yang baru.. Kalo pake Opera, kamu cuman perlu klik kanan pada tab, lalu pilih "Duplicate Tab".

2. Go To URL/Pergi ke URL 
Kamu melihat URL di suatu website, tapi gak bisa diklik atau tidak terhyperlink.. Berarti kamu harus mengkopi URL tersebut lalu mempastekannya di kolom web address... Kalo pake Opera, kamu cuman perlu klik kanan pada URL tersebut, lalu klik "Go To URL".

3. Fit to window width/Susutkan ke panjang jendela
Siapa yang suka scrollbar horizontal (scrollbar yang terletak di atas dan bawah halaman)? Rumit sekali, dan menyulitkan kita untuk melihat keseluruhan web. Untuk menghilangkan scrollbar tersebut, kita tinggal pilih "fit to window weight" dan Opera akan menyusutkan konten sesuai panjang layar monitor kita..

4. Reload every 30 seconds/Muat ulang setiap 30 detik
Kalo kamu buka website yang memuat score live dari pertandingan baseball, kamu harus pencet F5  setiap 30 detik.. Dengan Opera, kamu bisa pilih "Reload every 30 seconds".

5. Rewind
Kamu mencari sesuatu di google, terus nemuin website yang bagus.. Kamu udah mengunjungi 2o situs dari website tersebut lalu ingin kembali ke google search... Kamu harus klik "Back" 20 kali. Kalo kamu pake Opera, kamu cuman perlu klik "Rewind".

6. Nickname untuk koleksi situs
Gimana cara kamu mengunjungi situs favorit kamu? Kamu "bookmark" situs-situs tersebut dan mencoba tuk melokasi situs-situs tersebut di menu Bookmarks.. Atau kamu masukin huruf pertama dari website di addres bar... Kalo kamu pake Opera kamu bisa pake nickname untuk situs yang kamu bookmark.. Contoh: kamu ketik news di address bar, maka situs yang memuat news tersebut akan muncul...

7. Tab Closing
Kamu buka halaman A, terus buka halaman B di tab yang baru, tapi tab A dan B gak berhubungan satu sama lain.. Kalo kamu menutup tab B, Firefox gak akan kembali ke tab A... Kamu bakal melihat situs C di tab sebelah kiri tab B. Opera akan menunjukkan "previous active tab".

8. Instant Back
Waktu kamu klik "Back", browser akan me-load halaman sebelumnya.. Kalo pake Opera, Opera akan menampilkan halaman sebelumnya pada cache.. Sehingga akan sangat cepat kalo kita pencet back...

9. Page Zoom>
Kalo kamu mau liat teks yang terlalu kecil sampai gak kebaca, atau pengen liat gambar lebih besar, kamu bisa zoom halaman tersebut tanpa kehilangan kualitas tampilan visual..

10. Crash recovery
browser kamu "not responding", terus tiba-tiba ketutup sendiri, kamu harus buka history satu-satu untuk memunculkan kembali halaman yang udah terbuka sebelum eror tersebut terjadi kalo pake Firefox.. Opera secara otomatis bakal menyimpan sesi terakhir jadi kamu bisa liat halaman-halaman yang sempet hilang karena browsernya eror...

Dan itupun belum semuanya...... :z
11. Kalo kamu mau buka halaman lebih cepat lagi, kamu bisa me-load halaman yang sudah tercached..
12. Kamu bisa ngekontrol browser dengan Voice Commands...
13. Kamu bisa menggunakan Mouse Gestures..
14. Buat presentasi yang indah tanpa menggunakan Microsoft PowerPoint.
15. Speed Dial.

Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dipunyai Opera.. Klik di sini untuk mendownload Opera 9.6 dan di sini untuk Opera 10 alpha.

3 Testimonials:

Faiz Robbani on February 26, 2009 at 9:09 PM said...

pertama..
mantep bro

AG-Loc / Ananda ganesha on February 27, 2009 at 8:32 PM said...

makasih... :D

Anonymous said...

cobain chromeplus bro

Post a Comment

Silahkan berkomentar semau kamu..
Tapi yang sesuai dengan topik yaa...

 

Site Info

Related Posts with Thumbnails

Followers

Thinking Positive, Thinking Out of The Box Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide